Smartphone Kamera Terbaik Tahun 2018 Buat yang Doyan Selfie

Kamera sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan bagi yang suka mengabadikan setiap moment. Memanfaatkan peluang tersebut, pabrikan smartphone berlomba-lomba menyempurnakan fitur kamera hingga mendapatkan kualitas sekelas kamera pro. Berbagai efek disematkan agar semakin mempercantik hasil foto selfie atau pun objek lain. Bagi kalian yang sedang mencari merk smartphone kamera terbaik, berikut beberapa rekomendasinya.

Samsung Galaxy Note 8

samsung galaxy note 8
samsung galaxy note 8

Pesatnya perkembangan kamera smartphone semakin memuaskan para penyuka fotografi apalagi yang doyan selfie. Kalian tidak perlu repot-repot membawa kamera pro seperti DSLR agar hasil foto terlihat keren. Samsung Galaxy Note 8 menghadirkan solusi dual kamera yang didukung oleh teknologi Optical Image Stabilization atau OIS.

OIS merupakan teknologi yang biasa tersemat di kamera DSLR untuk menjaga agar foto tidak buram karena guncangan atau getaran. Dengan adanya OIS di Galaxy Note ini, hasil foto dijamin jelas walaupun diambil dari jarak jauh. Bagi pecinta selfie, Samsung juga menyematkan stiker statis berupa berbagai macam aksesoris yang memperunik foto selfie kalian.

Aksesoris yang disediakan antara lain topi, kacamata, dan berbagai macam kuping hewan yang lucu. Selain digunakan untuk selfie, stiker ini bisa juga kalian gunakan saat mengambil video, menarik, kan? Selain itu, tak perlu khawatir akan pencahayaan karena di tempat yang agak gelap sekalipun, hasil jepretan kalian tetap tajam dan jelas berkat fitur Live Focus.

Keunggulan lain dari OIS adalah pengambilan video yang smooth dan tetap jelas walaupun terganggu oleh getaran. OIS berfungsi sangat baik untuk menstabilkan video yang kalian rekam dengan Galaxy Note 8 ini. Tidak heran jika tipe ini menjadi salah satu smartphone kamera terbaik yang dikeluarkan oleh Samsung.

Google Pixel 2

google pixel 2
google pixel 2

Pixel 2 besutan Google ini tidak sembarangan dikeluarkan karena berbagai fitur sudah disempurnakan, salah satunya kamera Pixel 2 andalan. Google Pixel 2 memiliki kualitas kamera mumpuni yang mampu mengalahkan kamera iPhone 8 Plus. Penyempurnaan yang dilakukan yakni dengan menambahkan fitur OIS dan EIS, dan keduanya merupakan fitur penstabil goyangan elektronik maupun mekanik.

Detail gambar yang dihasilkan dari kamera Pixel 2 ini tajam, diambil dari area pencahayaan bagus maupun kurang. Mengambil foto di bawah sinar matahari terik pun tidak masalah bagi Pixel 2 karena hasil warna foto tetap bagus. Dengan kata lain, kamera Pixel 2 ini bagus untuk mengambil foto dengan kontras yang tinggi.

Kamera depan milik Google Pixel 2 tidak akan mengecewakan para penggunanya. Hasil jepretan yang menawan dari kamera beresolusi 12 MP ini membuat setiap foto selfie kalian tidak ada yang akan dihapus. Walaupun memiliki sensor tunggal pada kamera belakang, Pixel 2 tetap bisa menerapkan mode portrait pada kedua kamera.

Sensor kamera belakang yang dilengkapi dengan dual pixel membuat tampilan foto menjadi semakin menakjubkan. Selain itu, adanya efek bokeh membuat objek utama foto lebih tajam dan jernih dibandingkan dengan backgroundnya. Namun, Pixel 2 tetap memiliki kekurangan yakni tidak mempunyai zooming optik yang bagus karena tidak adanya sensor sekunder.

Apple iPhone X

Apple iPhone X
Apple iPhone X

Diluncurkan bersamaan dengan iPhone 8 Plus tidak membuat iPhone X kalah pamor karena mendapat predikat smartphone kamera terbaik . Resolusi kamera belakangnya adalah 12 MP dan kamera depannya 7 MP. Dinilai lebih unggul dari iPhone 8 Plus, lensa tele iPhone X f/2,4 lebih cepat dibandingkan lensa tele f/2,8 iPhone 8 Plus.

Hal istimewa lainnya adalah kamera depan iPhone X dilengkapi dengan sistem TrueDepth yang menghasilkan inframerah, sensor dan proyektor cahaya dengan lebih baik. Foto yang ditangkap oleh kamera iPhone X ini sangat mirip dengan aslinya dilihat dari ketajaman warna dan detail objek. Gambar iPhone X yang lebih hidup pun karena didukung oleh layar OLED.

Tidak perlu meragukan ketajaman hasil jepretan karena detail halus akan kalian lihat ketika foto diperbesar. Selain itu, efek bokeh yang dimiliki iPhone X ini semakin membuat hasil foto menawan dan menonjol. Kelebihan lain adalah modus potrait bisa kalian gunakan pada kamera depan maupun belakang.

Penggunaan modus portrait pada kamera depan cukup mudah karena kalian tinggal mengganti mode lalu pilih pencahayaan yang diinginkan. Dengan perangkat pendeteksi wajah, iPhone X akan mengenali dan menjepret wajah kalian dengan sempurna. Kamera iPhone X ini juga tetap menghasilkan jepretan terang dan tajam walaupun pencahayaan di sekitarnya kurang.

Samsung Galaxy S8 Plus

Samsung Galaxy S8 Plus
Samsung Galaxy S8 Plus

Tidak ingin kalah dengan Apple dan Android merk lainnya, Samsung juga meluncurkan seri Galaxy yang menonjolkan kualitas kamera terbaik. Berbagai penyempurnaan dilakukan oleh Samsung agar memenuhi ekspektasi para pecinta fotografi. Alhasil, foto hasil jepretan Galaxy S8 Plus ini memiliki komposisi warna yang sempurna. Selain itu, gambar juga tajam dan tidak ada efek noise.

Smartphone kamera terbaik yang diproduksi Samsung ini juga dilengkapi dengan sensor pixel dan lensa bukaan berukuran f/1,7. Dengan penyematan teknologi tersebut, memungkinkan hasil jepretan tetap jelas dan tajam walaupun pencahayaan sekitar sangat remang. Selain foto, pengambilan video juga smooth dan kualitas rekamannya hingga 4K.

Kamera Galaxy 8 juga tidak akan mengecewakan kalian yang doyan selfie. Dengan dukungan layar lebar dan resolusi kamera 8 MP, momen selfie kalian akan terabadikan sempurna tanpa buram. Seperti halnya kamera belakang, kamera depan juga dilengkapi fitur yang menghasilkan foto terang walaupun minim pencahayaan. Yap, seperti yang diharapkan dari kamera berkualitas.

Ingin hasil selfie Anda semakin menarik? Tenang, Galaxy 8 Plus menyediakan 31 filter yang bisa kalian pilih sesuai keinginan. Filter dan berbagai macam karakter animasi seperti kelinci dan kucing akan semakin menyemarakkan momen selfie kalian bersama orang-orang tercinta. Filter tersebut bisa juga kalian gunakan saat merekam video, lho!

Samsung Galaxy A7

Samsung Galaxy A7
Samsung Galaxy A7

Seri Galaxy A7 ini dikeluarkan pada 2017 silam bersamaan dengan Galaxy A5. Seri Galaxy besutan Samsung ini menyasar para anak muda dengan daya tarik fitur yang semakin ditingkatkan. Galaxy A7 merupakan smartphone Samsung yang tahan terhadap air dan debu. Selain itu, desain bodinya dirancang tangguh dan nyaman digenggam.

Peningkatan lainnya yaitu pada fitur kamera depan dan belakang. Walaupun sama-sama memiliki resolusi 16 MP, namun fitur selfie focus membuat kamera depan Galaxy A7 memiliki daya tarik yang lebih. Fitur ini memudahkan kalian untuk menghasilkan foto selfie yang fokus ke objek dan tajam tanpa harus mengunci fokus secara manual.

Saat mengambil selfie, fitur selfie focus akan otomatis mengunci objek foto yang ditangkap layar sehingga kalian tidak perlu lagi mengetuk dan menekan layar agar fokus pada bagian tertentu. Praktis bukan? Selain auto focus, fitur ini juga menghasilkan efek bokeh sehingga backgorund menjadi blur dan objek utama foto semakin menonjol.

Jika ingin mengatur skin tone dari hasil jepretan, maka kalian bisa menggunakan fitur color correction yang baru disematkan pada Galaxy A7 ini. Guna mengaktifkannya, kalian hanya perlu mengklik ikon ‘beauty’ yang ada pada menu kamera. Pembaharuan juga dilakukan pada kamera belakang dengan menambahkan stiker dan stamp AR sehingga foto kalian semakin unik.

LG V30

LG V30
LG V30

Smartphone kamera terbaik selanjutnya yang bisa kalian pertimbangkan adalah LG V30. Terdapat dual kamera yang digunakan sebagai kamera belakang yang memiliki dua mode yaitu sudut normal dan sudut luas (wide angle). Kamera dengan sudut normal memiliki resolusi 16 MP dengan ukuran sudut mencapai 710 dan aperture f/1,6. Ukuran aperture yang sangat lebar.

Sedangkan kamera dengan mode wide angle memiliki resolusi 13 MP dan ukuran sudut mencapai 1200 dengan aperture f/1,9. Dengan menggunakan wide angle ini memungkinkan pengambilan foto dengan cakupan yang lebih luas. Hasil jepretan pun dijamin tidak akan mengecewakan karena didukung oleh laser auto focus, LED, dan phase detection.

Penyematan aperture f/1,6 merupakan yang terbesar untuk ukuran kamera smartphone sehingga menjadi daya tarik lebih dari LG V30. Dengan aperture berukuran besar, maka kamera akan menangkap cahaya lebih banyak 25 % dibdandingkan kamera smartphone lainnya. Alhasil, foto yang ditampilkan akan memiliki komposisi warna sempurna dan sangat mirip dengan aslinya.

Begitu pun juga dengan kualitas kamera depan yang resolusinya berukuran 5 MP dan aperture f/2. Gambar yang dihasilkan tajam, detail tanpa ada efek noise yang mengganggu. Tangkapan kamera LG V30 dalam pencahayaan yang minim juga tetap optimal, jadi kalian bisa mengambil foto kapan pun tanpa masalah.

Oppo F1 Selfie Expert

Oppo F1 Selfie Expert
Oppo F1 Selfie Expert

Oppo kembali menghadirkan seri baru yang langsung mengklaim sebagai si selfie expert. Oppo F1 ini memiliki desain premium dengan balutan metal berwarna rose-gold, dan ditargetkan untuk pasaran menengah. Klaimnya sebagai ‘ahli selfie’ tidak hanya bualan karena Oppo F1 sudah dilengkapi fitur kamera dengan kualitas yang tidak sembarangan.

Resolusi kamera depan Oppo F1 sebesar 13 MP dan memiliki aperture f/2,2. Hasil foto yang didapatkan pun tajam, jernih, dan memiliki komposisi warna sempurna. Namun sayangnya apabila diperbesar, hasil foto agak pecah. Walau begitu, lensa makro yang dimiliki Oppo F1 ini terbilang sangat bagus karena hasil foto close-up yang diambil sangat detail.

Selain itu, efek bokeh yang dihasilkan pun memiliki komposisi yang seimbang, dan ketika diperbeesar hasil foto tetap terlihat detail serta solid. Pengambilan foto ketika minim pencahayaan pun diatasi dengan baik oleh Oppo F1 dengan beberapa sentuhan. Beralih ke kamera depan Oppo F1 yang berukuran 8 MP dan aperture f/2,0.

Sebagai smartphone selfie expert, Oppo berusaha memberikan hasil terbaik dengan menyematkan fitur ‘beautify’ yang bisa diatur tingkatannya dari mulai weak, medium sampai strong. Semakin tinggi tingkatannya maka hasil selfie akan semakin mulus dan putih tanpa cela. Selain itu, hasil foto kamera depan terbilang detail dan jelas layaknya menggunakan kamera belakang.

Oppo F3

Oppo F3
Oppo F3

Lagi-lagi Oppo tidak mau kalah pamor dengan pabrikan terkenal lainnya seperti Apple dan Samsung. Oppo mulai menghadirkan smartphone terbaiknya yang lebih berfokus pada kualitas kamera seperti yang disematkan pada seri Oppo F3. Oppo berusaha memproduksi Smartphone kamera terbaik lewat F3 dengan menghadirkan dual kamera untuk kamera depan agar cakupan selfie lebih lebar.

Walaupun banyak smartphone lain dengan dual kamera pada kamera depannya, namun Oppo memiliki fitur tertentu yang diprioritaskan yaitu wide angle. Fitur ini memudahkan kalian untuk mengambil gambar dengan sudut lebih luas. Oleh karena itu, apabila digunakan untuk wefie, semua orang bisa tertangkap jelas di kamera tanpa perlu menggunakan tongsis.

Jepretan kamera depan terbilang bagus, detail, dan jernih apalagi jika digunakan di luar ruangan maupun di dalam ruangan asalkan cukup pencahayaan. Kelemahan dari Oppo F3 ini adalah banyaknya efek noise yang muncul ketika digunakan untuk berfoto dalam pencahayaan yang remang. Namun, kelemahan tersebut digantikan dengan fitur lain yang lebih canggih.

Oppo F3 sudah dilengkapi dengan fitur Expert Mode sehingga kalian bisa mengatur ISO, fokus, dan shutter speed sesuai kebutuhan hasil foto. Selain itu, bagi yang ingin mendapatkan hasil pro, Oppo F3 juga memberikan kesempatan menyimpan file foto dalam bentuk RAW sehingga mempermudah pengeditan setelahnya.

Vivo V5 Plus

Vivo V5 Plus
Vivo V5 Plus

Bagi kalian yang suka mengabadikan moment dengan selfie atau pun wefie, Vivo V5 Plus bisa menjadi pilihan menarik untuk dipilih. Tak tanggung-tanggung, smartphone yang mengklaim sebagai “Perfect Selfie” ini menyematkan dual kamera depan dengan resolusi 20 MP. Dengan dukungan sensor Sony IMX376 ini, Vivo V5 Plus mampu menghasilkan jepretan selfie sempurna.

Fitur ciamik selanjutnya yang disematkan adalah Softlight Selfie yang memungkinkan hasil foto selfie kalian terang tanpa efek noise baik dengan pencahayaan terang maupun remang. Fitur Soflight Selfie ini juga memberikan beberapa pilihan mode untuk hasil selfie terbaik yaitu Mode Beautification dan Mode Bokeh.

Mode Beautification bisa kalian atur saat akan mengambil selfie dengan memilih tingkat kecerahan kulit, kemulusan wajah, dan pengaturan kecantikan lainnya. Semakin tinggi tingkatan yang kalian pilih, maka hasil selfie akan sempurna tanpa cacat. Selanjutnya, Mode Bokeh bisa membuat background blur dan objek utama selfie semakin menonjol. Mode ini menghasilkan jepretan layaknya kamera pro.

Tidak hanya berfokus pada kamera depan, Vivo V5 Plus juga meningkatkan performa kamera belakang yang beresolusi 16 MP. Kamera belakangnya sudah dilengkapi dengan fitur auto focus sehingga kalian tidak perlu atur secara manual. Tangkapan kamera belakang juga tetap jelas walaupun minim pencahayaan. Rekaman video yang dihasilkan pun bisa mencapai full HD.

Asus Zenfone Zoom S

Asus Zenfone Zoom S
Asus Zenfone Zoom S

Dual kamera semakin menjadi trend yang disematkan untuk meningkatkan fitur kamera smartphone. Kali ini pabrikan asal Taiwan tidak ingin ketinggalan sehingga meluncurkan Asus Zenfone Zoom S. Kamera belakang Zenfone Zoom dilengkapi dengan fitur Depth of Field yang memungkinkan mengambil foto dengan efek bokeh. Efek ini akan menonjolkan objek utama, dan mengaburkan background.

Namun, efek bokeh pada Zenfone Zoom kurang bekerja dengan baik untuk mengambil objek yang bergerak karena fokus gambar terkadang salah. Dengan kata lain, efek bokeh akan bekerja optimal untuk mengambil gambar yang statis. Kelebihan Zenfone Zoom S juga terletak pada fitur anti goyangan, gerakan, dan getaran sehingga foto yang dihasilkan tetap jelas.

Berusaha menjadi salah satu smartphone kamera terbaik, Zenfone Zoom S juga meningkatkan performa kamera depannya dengan menyematkan fitur Beautification. Fitur ini memudahkan kalian untuk mengatur tingkat kecerahan skin tone, kemulusan wajah, dan lain sebagainya. Alhasil, jepretan selfie kalian sempurna tak tertandingi.

Selanjutnya, Zoom S ini juga menyematkan fitur Wide Angle dan didukung oleh teknologi Asus Super Pixel. Dengan begitu, foto yang dihasilkan akan jernih, detail, dan terang, baik dalam pencahayaan yang bagus maupun pencahayaan yang minim. Sensitivitas cahaya dari teknologi Super Pixel itulah yang memungkinkan hal tersebut terjadi. Pembaharuan yang tidak tanggung-tanggung, kan?

  • Ratings12345

Tinggalkan komentar

preloader