Samsung Galaxy J2 (2018)

Update Harga Tanggal 23 September 2018
Bandingkan
Category: Tags: ,
  • Performance
    Snapdragon 425 MSM8917
    Adreno 308
    RAM 1.5GB
    Memory 16GB
    Antutu 31000
  • Smartphone
    Layar 5"
    540 x 960
    Density 220 ppi
    -
    Super AMOLED

Sekitar bulan Januari 2018 lalu, Samsung meluncurkan ponsel pintar kelas entry, Samsung Galaxy J2 atau lebih biasa dikenal dengan Samsung J2. Di Indonesia, smartphone ini dipasarkan dengan nama alias Samsung Galaxy J2 Pro, namun pada review kali ini kami akan menyebutnya Samsung J2. Harga Samsung J2 termasuk terjangkau apabila dibandingkan dengan smartphone di kelasnya. Namun, sebelum memutuskan untuk meminang smartphone kelas entry ini, dan buat kamu-kamu yang ingin punya smartphone baru maupun smartphone cadangan jikalau smartphone utama milikmu bermasalah, mari kita baca review Samsung J2 ini lebih jauh lagi.

Desain Samsung J2

Harga Samsung J2 - Design
sumber nextinweb

Dari sisi desain, Samsung tidak terlalu membuat produk ponsel ini terlihat menawan atau istimewa. Desainnya cukup sederhana. Dipadukan dengan jenis material yang digunakan, kesan elegan dari ponsel ini tidak terlihat sama sekali. Berbeda dengan saudaranya yang memang memiliki kelas diatasnya. Material yang digunakan berupa plastik, yang terkesan murahan dan tidak tahan terhadap benturan. Tetapi, untuk kebutuhan sehari-hari, kami rasa bahan plastik ini cukup sesuai. Ditambah lagi, dengan material plastik tersebut, berat dari Smartphone Samsung ini menjadi cukup ringan, yaitu hanya 153 gram. Hal ini membuatnya mudah untuk dibawa kemana-mana.

Penampilan produk ini juga tidak memiliki aksen atau tambahan pada bagian casing. Lalu, Samsung juga memilih sudut berbentuk melengkung, sehingga mengingatkan kita pada produk ponsel Samsung jaman dahulu. Dibandingkan dengan produk ponsel terbaru dari Samsung saat ini, lengkungan pada Samsung J2 ini terbilang cukup besar. Namun, karena desain ini pula, ponsel ini terasa nyaman ditangan dan tidak mudah terlepas.

Seperti produk Samsung lainnya, J2 juga memiliki tombol fisik untuk menuju halaman muka ponsel. Ditambah lagi dua tombol layar sentuh untuk fungsi “Back” dan tombol mengganti tampilan antar aplikasi yang sedang digunakan. Letaknya masih sama, yang membuat Anda yang memiliki tangan yang besar, agak kurang nyaman menggunakannya. Seringkali, letak dua tombol layar sentuh ini tidak sengaja terpencet, saat pengguna mengoperasikan menu pada touchscreen produk ini hanya dengan ibu jari. Mungkin, Samsung perlu memberikan perbaikan atau perubahan desain pada bagian ini.

harga samsung j2
sumber ibay.com.mv

Untungnya, untuk bagian tombol lainnya, Samsung sudah membuat desain yang cukup sempurna dan bekerja dengan baik. Misalnya, untuk tombol volume dan power, Samsung meletakkannya di sisi kiri dan kanan bodi dari ponsel. Peletakan ini sangat mudah untuk dijangkau dengan jari Anda.

Untuk warna, Samsung menyediakan dua jenis warna untuk Samsung J2 2018 kali ini. Dua warna tersebut adalah warna emas dan hitam. Menurut kami, warna hitam lebih menawan, karena mampu menutupi bahan plastik yang digunakan Samsung. Sehingga, kesan keren dan elegannya lebih tampak, daripada produk ponsel ini yang menggunakan warna emas.

Ukuran ponsel pintar ini terbilang cukup mungil, yaitu tinggi 143,8 mm x lebar 72,3 mm x tebal 8,4 mm. Ukuran ini sangat pas untuk tangan pengguna ponsel, khusunya mereka yang berasal dari Indonesia. Yang menjadi kekurangan hanyalah ketebalannya, yang hampir mendekati 1 cm. Ukuran ini membuat sedikit tidak nyaman, khususnya bila Anda memiliki tangan yang cukup kecil.

Layar Super AMOLED 5″

Samsung J2 menggunakan layar berukuran 5 inci, sama seperti ponsel pintar kelas entry pada umumnya. Jenis layar yang digunakan adalah Super AMOLED, dengan fitur capacitive touchscreen. Yang agak disayangkan adalah, untuk Samsung J2, produsen Samsung tampaknya menggunakan layar dengan kualitas yang tidak terlalu tinggi. Layar yang digunakan disini hanya mampu menghasilkan resolusi sebesar 540 x 960 piksel dan 16M colors, dengan kedalaman sebesar 220 ppi. Karena spesifikasi layar yang tidak terlalu tinggi ini, maka Anda jangan berharap akan mendapatkan kualitas gambar yang terbaik saat menggunakan ponsel ini. Untungnya, dengan teknologi Super AMOLED, setidaknya bila dibandingkan dengan ponsel kelas entry yang menggunakan layar jenis TFT atau IPS, Samsung J2 memiliki kualitas gambar yang lebih baik. Penggunaan layar dengan kualitas rendah ini cukup dimengerti, karena Samsung ingin memangkas biaya produksi, dengan tujuan menurunkan harga jual Smartphone ini.

Samsung J2 Super AMOLED
sumber google

Rasio layar terhadap bodi dari ponsel ini adalah 66,3 persen. Rasio ini terbilang cukup kecil, sehingga menyisakan cukup banyak bagian bodi. Karena ukuran layar ini juga, ponsel ini terlihat kurang elegan. Namun, rasio ini terbilang cukup besar, yang memudahkan jari Anda untuk menjangkau semua menu dan bagian di layar sentuh ini. Hal ini mempermudah Anda yang ingin mengoperasikan Smartphone ini dengan cepat.

Kekurangan lainnya dari layar ini adalah tidak adanya lapisan pelindung. Pada produk ponsel pintar Samsung lainnya, Anda dapat dengan mudah menemukan ponsel dengan layar yang dilapisi lapisan pelindung Corning Gorilla Glass. Dengan adanya lapisan ini, maka layar ponsel tersebut akan lebih tahan terhadap goresan, debu maupun benturan. Karena itu, untuk Anda yang ingin membeli Samsung J2, sebaiknya setelah membeli Anda segera memasang lapisan pelindung layar tambahan. Dengan ini, maka layar produk ini akan lebih tahan goresan dan benturan.

Kamera Canggih untuk Smartphone Kelas Entry

Hasil Foto Kamera Samsung J2
sumber hasilfotokamerahp.blogspot.co.id

Samsung J2 dilengkapi dengan dua buah kamera. Kamera utama yang terletak dibagian belakang casing ponsel memiliki resolusi sebesar 8 MP. Untuk Anda yang terbiasa memakai kamera digital, mungkin resolusi sebesar ini terlalu kecil untuk menghasilkan gambar berkualitas paling baik. Tetapi, resolusi ini sebenarnya sudah cukup untuk ponsel pintar kelas entry seperti produk ini. Ditambah lagi, kamera utama ini juga memiliki fitur pendukung yang dapat membantu saat penggambilan gambar, yaitu fitur Autofocus dan LED Flash. Dengan dua fitur ini, Anda tidak akan kesulitan dalam mengambil gambar dengan kualitas yang baik.

Satu lagi keunggulan kamera utama ini adalah kemampuannya untuk merekam video dengan resolusi FHD yaitu 1080p dan kecepatan 30fps. Ponsel pintar kelas entry dengan kemampuan seperti ini tidak banyak. Karena itu, Samsung sudah memberikan yang terbaik untuk produk ini. Sayangnya, meskipun mampu digunakan untuk mengambil video FHD, ponsel ini tidak memiliki fitur-fitur pendukungnya. Misalnya, fitur OIS atau phase detection autofocus, yang dapat mencegah penurunan kualitas video, tidak dipasang pada Smartphone Samsung J2 ini.

Untuk kamera depannya, Samsung J2 menggunakan kamera beresolusi 5 MP. Sekali lagi, mungkin Anda memandang kualitasnya cukup rendah. Tetapi, untuk ponsel pintar kelas entry, resolusi kamera selfie ini terbilang cukup bagus. Ditambah lagi, bila dibandingkan dengan produk ponsel pintar dari merek kompetitor dari Samsung, untuk ponsel kelas ini, ukuran kamera depan ini sudah cukup mampu bersaing. Samsung juga menyematkan LED Flash pada bagian depan ponsel ini yang membuat Anda lebih mudah untuk mengambil foto selfie saat berada di tempat dengan cahaya minim. Dengan fitur ini, Anda dapat mengambil foto dengan wajah terlihat cerah dalam waktu singkat.

Spesifikasi dan Performa

performa samsung j2
sumber ebay.com

Untuk bagian dalam, Samsung menggunakan hardware and komponen yang cukup bisa diandalkan. Pada bagian prosesor dan CPU, Samsung J2 menggunakan Chipset Qualcomm Snapdragon 425. Memang chipset ini tergolong chipset lama dan tidak memiliki kemampuan sebaik seri 800-an. Tetapi, untuk performa, chipset ini mampu berjalan seimbang dengan prosesor Quad-Core 1.4 GHz Cortex-A53. Dua komponen ini termasuk yang terbaik untuk ponsel pintar kelas entry seperti Samsung J2 ini.

Tetapi, yang agak mengecewakan adalah besar RAM yang digunakan ponsel pintar ini. Samsung J2 didukung oleh RAM sebesar 1,5 GB. Dibandingkan dengan Xiaomi Redmi A5, yang memiliki spesifikasi yang sama persis dengan Samsung J2, besar RAM ini kami rasa kurang. Redmi A5 menggunakan RAM sebesar 2 GB. Karena ini pula, banyak orang yang menganggap bahwa Redmi A5 menjadi ancaman terbesar untuk produk terbaru Samsung ini. Tetapi, bila melihat kualitas pelayanan dari Samsung dan juga produk-produk mereka, kami rasa Samsung akan dapat bertahan dan mendapatkan banyak pengguna untuk produk Samsung J2 ini.

Meskipun RAM pada Samsung J2 terbilang cukup kecil, untuk kecepatan dan performanya dalam menjalankan aplikasi dan sejenisnya, cukup memuaskan. Untungnya, meskipun terdapat kekurangan dari sisi RAM, untuk GPU, ponsel ini menggunakan jenis GPU yang cukup memuaskan. Samsung J2 memakai Adreno 308, yang sangat baik untuk menjalankan game-game yang terbilang cukup berat. Game dengan grafik 3D bisa dijalankan dengan cukup mulus. Tetapi, kadang, game tersebut terasa lambat, karena kapasitas RAM yang tidak terlalu besar. Kalau Anda hanya bermain game dengan kualitas standar, maka Anda tidak perlu khawatir. Game-game tersebut akan dapat berjalan dengan sempurna di ponsel ini.

Ukuran memori internal ponsel ini sebesar 16 GB. Ukuran ini terbilang sangat besar. Anda dapat menyimpan banyak foto, video maupun menggunakannya untuk memasang berbagai aplikasi. Tetapi, bila Anda merasa kapasitas sebesar ini tidak cukup, Anda dapat memasang kartu MicroSD tambahan untuk menambah kapasitasnya. Untuk Smartphone ini, kapasitas maksimal dari kartu MicroSD yang dapat dipasang adalah sebesar 256 GB. Jadi, bisa dibilang, untuk kebutuhan tempat penyimpanan, Anda tidak perlu lagi khawatir.

Sistem Operasi yang digunakan masih menggunakan Android versi 7.1.1 Nougat. Memang, versi ini bukan versi Android yang terbaru. Tetapi, untuk keperluan dasar dengan Smartphone, seperti berselancar di internet, bermain game, menjalankan aplikasi, Sistem Operasi ini sudah cukup memuaskan. Tapi, bila Anda ingin melakukan update ke Sistem Operasi Android terbaru, maka Anda juga bisa melakukannya.

Konektivitas dan Baterai

Samsung J2 Connect
sumber samsung.com

Fitur konektivitas dari Samsung J2 2018 terbilang sangat lengkap. Ponsel ini memiliki dua slot untuk dua kartu SIM. Keduanya juga dapat Anda gunakan untuk mengakses jaringan 4G LTE. Jadi, dari sisi kebutuhan internet, Anda tidak akan dikecewakan oleh produk ini. Browsing di internet dan menonton video streaming dapat dilakukan dengan lancar dan cepat. Jenis kartu SIM yang bisa digunakan pada ponsel pintar ini adalah jenis Micro SIM.

Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan Bluetooth 4.2 A2DP, GPS (A-GPS, GLONASS) dan Wi-Fi 802.11 b/g/n. Untuk menghubungkan ponsel pintar ini ke gadget lainnya, seperti laptop atau PC, terdapat pula port micro USB 2.0. Port jenis ini juga dapat mendukung untuk fitur USB On The Go. Artinya, Anda tidak perlu software tambahan saat menghubungkan ponsel ini pada komputer Anda. Hanya dengan sekali colok, maka ponsel ini akan dibaca sebagai tempat penyimpanan eksternal. Anda dapat dengan mudah menyalin atau memindah file dari ponsel ke komputer atau sebaliknya.

Samsung J2 2018 menggunakan baterai jenis Li-Ion dengan daya sebesar 2.600 mAh. Kapasitas daya baterai ini tidak terlalu besar. Jadi, jangan berharap Anda akan mendapatkan ponsel yang dapat bekerja dalam waktu yang sangat panjang. Tetapi, kapasitas ini sudah cukup untuk mendukung kegiatan Anda sehari-hari. Selain itu, karena kapasitas dayanya yang tidak terlalu besar, maka waktu yang dibutuhkan untuk mengisi dayanya hingga penuh tidak terlalu lama. Tetapi, fitur yang menurut kami sangat menguntungkan pada bagian baterai ini adalah baterai ini dapat dilepas. Dengan menggunakan Removable Battery semacam ini, maka Anda dapat mudah mengatasi masalah pada baterai dengan menggantinya. Hanya saja, untuk melepas casing bagian belakang, cukup sulit dilakukan. Perlu tenaga ekstra agar dapat melihat bagian dalam dan mengganti baterainya.

samsung j2 battery
sumber ibay.com.mv

Sayangnya, ponsel ini bisa dikatakan masih kekurangan fitur, bila dibandingkan dengan produk Samsung lainnya. Misalnya, untuk fitur keamanan, produk Samsung lainnya sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari. Samsung J2 tidak memiliki fitur tersebut. Produk ini masih menggunakan fitur keamanan yang lama, seperti kode atau password untuk membukanya. Namun, untuk sensor, Samsung J2 memiliki fitur sensor standar yang cukup memadai, misalnya sensor accelerometer, compass atau proximity. Jadi, fitur ini sudah cukup mendukung untuk kebutuhan Anda. Satu lagi kekurangan dari produk ini tidak ada fitur anti air dan anti debu.

Harga Samsung J2

Per Februari 2018, harga Samsung J2 berada sekitar Rp. 1,5 jutaan. Namun, Anda juga dapat membelinya dengan harga yang lebih murah dari ini di beberapa toko tertentu. Harga samsung j2 ini bila dibandingkan dengan kompetitornya yang memiliki fitur yang sama, yaitu Xiaomi Redmi 5A, lebih mahal dari ponsel Redmi. Tetapi, karena ini adalah produk Samsung, jadi untuk kualitasnya, Anda tidak perlu meragukannya lagi. Dengan layanan konsumen dan dukungan dari pihak Samsung yang sangat memuaskan, maka harga ini terbilang sudah sangat terjangkau. Ditambah lagi, produk dari Samsung selalu memiliki kualitas dan daya tahan yang sangat baik.

Produk Samsung J2 juga terdapat versi Pro. Untuk versi Pro ini dibanderol dengan harga sekitar Rp. 1,9 jutaan. Namun, bila melihat produk-produk Smartphone dari Samsung, harga ini termasuk sangat murah. Jadi, tidak ada salahnya bila Anda membeli produk ini.

Kesimpulan

Mungkin dari sisi desain dan penampilan, Samsung J2 2018 tidak terlalu menawan. Namun, bila Anda hanya menginginkan ponsel kelas entry dengan kemampuan memuaskan, maka produk ini pilihan yang tepat untuk Anda. Untuk kebutuhan dasar, Samsung J2 dapat memberikan yang terbaik untuk Anda. Ditambah lagi, harga dari produk ini yang cukup terjangkau, membuatnya menjadi pilihan banyak pengguna ponsel pintar, khususnya penggemar produk dari Samsung.

Spesifikasi Samsung Galaxy J2 (2018)

Info Umum
Merk

OS

Dimensi

143.8 x 72.3 x 8.4 mm

Baterai

2600 mAh

Slot Kartu SIM

Kamera
Fitur Kamera

Autofocus, Continuous shooting, Digital zoom, Face/Smile Detection, Front Flash, Geo Tagging, HDR, ISO settings, Panorama, Scene mode, Self-timer, Touch Focus, White balance settings

Kamera Belakang

8 Mpx

Kamera Depan

5 Mpx

Performa
Antutu Score

31000

Chipset

CPU

GPU

Memory Penyimpanan

RAM

Slot SD Card

microSD, up to 256 GB (dedicated slot)

Layar
Ukuran Layar

5"

Resolusi Layar

540 x 960

Proteksi Layar

Tipe Layar

Super AMOLED

Kerapatan Layar

220 ppi

Network
Jaringan 2G

, , ,

Jaringan 3G

, ,

Jaringan 4G

, , , , , ,

Jaringan 5G

More
GPS

, ,

Infrared

Sensor

, ,

Fitur Lain

, ,

Spesifikasi Samsung Galaxy J2 (2018)

Info Umum
Merk

OS

Dimensi

143.8 x 72.3 x 8.4 mm

Baterai

2600 mAh

Slot Kartu SIM

Kamera
Fitur Kamera

Autofocus, Continuous shooting, Digital zoom, Face/Smile Detection, Front Flash, Geo Tagging, HDR, ISO settings, Panorama, Scene mode, Self-timer, Touch Focus, White balance settings

Kamera Belakang

8 Mpx

Kamera Depan

5 Mpx

Performa
Antutu Score

31000

Chipset

CPU

GPU

Memory Penyimpanan

RAM

Slot SD Card

microSD, up to 256 GB (dedicated slot)

Layar
Ukuran Layar

5"

Resolusi Layar

540 x 960

Proteksi Layar

Tipe Layar

Super AMOLED

Kerapatan Layar

220 ppi

Network
Jaringan 2G

, , ,

Jaringan 3G

, ,

Jaringan 4G

, , , , , ,

Jaringan 5G

More
GPS

, ,

Infrared

Sensor

, ,

Fitur Lain

, ,

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Samsung Galaxy J2 (2018)”
preloader