Cara Screenshot Samsung untuk Segala Model

Cara screenshot samsung yang pertama dan paling mudah diterapkan untuk semua model ponsel Samsung adalah dengan menekan tombol power dan home secara bersamaan. Tekan tombol power dan home secara bersamaan, tahan 1 hingga 2 detik hingga ponsel Anda berhasil melakukan screenshot.

Lalu bagaimana jika ponsel Anda adalah Samsung S8/S8+ dan S9 yang tidak memiliki tombol home seperti ponsel samsung pada umumnya? Khusus untuk Samsung S8/S8+ dan S9 atau ponsel Samsung lain yang tidak memiliki tombol home maka tombol yang Anda pencet adalah tombol power dan tombol volume down (tombol untuk mengecilkan volume). Tekan tombol power dan volume down secara bersamaan, tahan 1 hingga 2 detik hingga ponsel Samsung S8/S8+ dan S9 Anda berhasil melakukan screenshot. Cukup mudah bukan cara screenshot Samsung dengan menekan dua kombinasi tombol tersebut?

Screenshot dengan Fitur Palm Swipe

Barangkali Anda mengalami nasib kurang baik yaitu tombol home, power atau tombol volume down ponsel Samsung Anda bermasalah/rusak. Lalu bagaimana caranya agar Anda tetap bisa melakukan screenshot bila salah satu tombol yang digunakan untuk melakukan screenshot ternyata rusak?

  1. Pertama, buka menu setting/pengaturan.
  2. Lalu cari menu ADVANCED AND FEATURE
  3. Setelah Anda masuk pada menu ADVANCED AND FEATURE, cari menu PALM SWIPE TO CAPTURE.
  4. Aktifkan fitur tersebut dengan cara menggeser tombol yang berada di sebelah kanan tulisan tersebut hingga tombol tersebut berwarna biru dan nantinya akan ada keteranga “ON” di bawah tulisan PALM SWIPE TO CAPTURE.

Bila fitur tersebut sudah Anda aktifkan maka coba lakukan screenshot dengan cara menggerakkan tangan Anda di atas layar dari pinggir kiri ke penggir kanan. Gerakkan tangan seolah-olah seperti sedang mengusap, tetapi tanpa menyentuh layar tersebut.

Sangat mudah bukan cara melakukan screeshot dengan mengaktifkan fitur palm swipe tersebut? Bila Anda masih mengalami kesulitan dalam melakukan screenshot dengan cara tersebut, maka Anda bisa melakukannya dengan cara menginstall aplikasi pihak ketiga untuk melakukan screenshot. Aplikasi-aplikasi untuk screenshot tersebut bisa Anda dowonload di PlayStore. Beberapa aplikasi screenshot yang bisa Anda coba antara lain adalah:

Cara Screenshot Samsung dengan Screenshot Touch

Aplikasi ini ukurannya hanya 2.1 MB saja. Jadi Anda tidak perlu khawatir bila memori internal Anda sudah hampir penuh, Anda tetap bisa menginstall aplikasi ini. Aplikasi ini dikembangkan oleh Daejo Kim.

Screenshot touch
Screenshot touch
Developer: Daejeong Kim
Price: Free
  1. Langkah pertama cara screenshot Samsung dengan aplikasi ini adalah, buka aplikasi Screenshot Touch.
  2. Pada aplikasi ini Anda akan diberikan dua pilihan apakah Anda ingin melakukan screenshot dengan cara mengklik icon dan atau melakukan screenshot dengan cara menggoyangkan ponsel Samsung Anda.
  3. Anda bisa mengaktifkan salah satu atau kedua cara screenshot tersebut.
  4. Setelah mengaktifkan keduanya, klik tombol “START CAPTURE MONITORING SERVICE”.
  5. Setelah tombol tersebut aktif, maka warnanya akan berubah menjadi merah dan tulisannya berganti menjadi “STOP MONITORING SERVICE”.
  6. Lakukan uji coba screenshot dengan cara menggoyangkan ponsel Samsung Anda atau dengan cara mengklik icon kamera yang terdapat di layar ponsel Anda.

Untuk melihat hasil screenshot Anda, klik icon gallery yang terdapat pada aplikasi tersebut. Anda juga dapat mencari gambar hasil screenshot langsung dari gallery ponsel samsung Anda tetapi hal tersebut akan lebih ribet karena harus mencari satu per satu.

Jika Anda menggunakan aplikasi Screenshot Touch maka Anda bisa memilih format gambar hasil screenshot dalam format JPEG atau PNG. Tidak hanya itu, Anda juga dapat memilih kualitas hasil screenshot mula dari 5% hingga 100%.

Cara Screenshot Samsung dengan Screenshot Easy

Tangkapan Layar Mudah
Tangkapan Layar Mudah
Developer: Ice Cold Apps
Price: Free

Cara menggunakan aplikasi ini hampir sama dengan aplikasi sebelumnya

  • Setelah aplikasi Screenshot Easy terinstall, buka aplikasi tersebut
  • Anda bisa memilih apakah mau melakukan screenshot dengan mengklik ikon dan atau menggoyangkan ponsel.
  • Setelah mengaktifkan salah satu atau kedua mode screenshot. Klik tombol START CAPTURE.
  • Lalu akan ada peringatan bahwa aplikasi tersebut akan memulai melakukan tangkapan layar. Pilih menu “START NOW”
  • Goyangkan ponsel Anda sebanyak dua hingga tiga kali.
  • Jika screenshot berhasil dilakukan maka aplikasi tersebut akan langsung membuka hasil tangkapan layar.
  • Sayangnya saat dicoba untuk melakukan screenshot dengan mengklik ikon, tidak ada ikon apapun yang muncul yang bisa digunakan untuk melakukan screenshot.
  • Jadi untuk saat ini cara screenshot Samsung dengan apliksi Screenshot Easy hanya bisa dilakukan dengan cara menggoyangkan ponsel.

Itu dia tadi cara screenshot samsung menggunakan fitur palm swipe maupun menggunakan aplikasi dari google play store. Semoga tulisan ini bisa berguna dan menambah pengetahuan kamu serta kamu jadi terlihat makin canggih menggunakan gadget kesayanganmu.

  • Ratings12345

Tinggalkan komentar

preloader