Cara Root Andromax C3 Smartphone dari Smartfren

Cara Root Andromax C3 Hape dari Smartfren – Cara melakukan root pada smartphone Smartfren Andromax C3 tanpa adanya PC atau komputer memang sedikit susah-susah gampang. Hal ini dikarenakan di setiap smartphone Android memiliki cara membuka open source-nya yang pasti berbeda-beda. Tentu saja hal tersebut menjadi sebuah kendala yang merepotkan banyak orang, bukan?

Sebagian orang pasti berhasil dengan menggunakan bantuan aplikasi di PC atau komputer, bahkan ada juga yang sukses melakukannya hanya cukup mengandalkan aplikasi root di smartphone-nya saja.

Sebenarnya, apa sih yang menjadi dampak kerugian jikalau smartphone Andromax C3 Anda diroot? Dampak pertama dan yang pasti adalah garansi HP Anda akan hilang, jadi Anda tidak bisa lagi mengklaim kerusakan HP Anda ke pihak Smartfren. Maka dari itulah, sebelum melakukan rooting, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu segala resikonya dan bertanggung jawab penuh atas Andromax C3 Anda sendiri.

Lalu, bagaimana cara root Andromax C3 tanpa menggunakan PC atau komputer?

Cara root Andromax C3 menggunakan Towelroot

Cara root Andromax C3 menggunakan Towelroot
Cara root Andromax C3 menggunakan Towelroot

Cukup dengan memakai Towelroot, smartphone Andromax C3 Anda sudah dapat di root dan Anda bebas mengatur ulang sistem Android Anda sendiri. Berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan Towelroot Apk.

  1. Aktifkan Unknown Source supaya Anda dapat melakukan install aplikasinya dengan cara buka menu Setting > Security > centang pada Unknown Source.
  2. Kemudian aktifkan USB Debugging pada smartphone Anda. Namun, Anda dapat mengaktifkannya jika Anda sudah memunculkan menu Developer Option pada menu Setting. Kalau belum ada menu Developer Option, pergilah terlebih dahulu ke menu Setting > About Phone > tekan Build Number berkali-kali sampai muncul notifikasi Anda berhasil menjadi pengembang.
  3. Setelah muncul Developer Option pada menu Setting, buka menu tersebut dan beri centang pada USB Debugging.
  4. Setelah itu, download aplikasi Towelroot dan install seperti aplikasi lain pada umumnya.
  5. Setelah selesai install, buka aplikasinya dan tekan di tombol “Make it R4in”
  6. Tunggu sampai sekitar 15 detik, lalu reboot Andromax C3 Anda.
  7. Install aplikasi Root Checker untuk memastikan apakah smartphone Anda sudah di root atau belum.
Cara Konfigurasi Aplikasi Unknown Source
Cara Konfigurasi Aplikasi Unknown Source

Cara root Andromax C3 menggunakan aplikasi Kingroot

Cara root Andromax C3 menggunakan aplikasi Kingroot
Cara root Andromax C3 menggunakan aplikasi Kingroot

Aplikasi Kingroot merupakan salah satu aplikasi yang berfungsi untuk membuka open source OS Android supaya smartphone Anda bebas dimodifikasi. Langkah-langkah menggunakan aplikasi ini adalah sebagai berikut.

  1. Cara awal ini sama dengan langkah awal di tutorial menggunakan aplikasi Towelroot, yakni aktifkan terlebih dahulu Unknown Source-nya, kemudian download dan install aplikasi Kingroot.
  2. Pastikan smartphone Anda sudah terhubung dengan internet dan daya baterai wajib di atas 50% supaya tidak terjadi error saat di tengah-tengah proses rooting.
  3. Buka aplikasi Kingroot dan jalankan. Tunggu sampai muncul lingkaran yang bertuliskan kata “Root”, lalu klik pada lingkaran tersebut.
  4. Tunggulah beberapa saat sampai muncul notifikasi instalasi aplikasi King Master ataupun King User. Anda bisa pilih “Accept” atau “Yes”.
  5. Kalau muncul notifikasi yang berwarna hijau atau biru, berarti Andromax C3 Anda sudah berhasil di root.
  6. Restart atau Reboot smartphone Anda dan proses root pun selesai.

Cara root Andromax C3 menggunakan Framaroot

Cara root Andromax C3 menggunakan Framaroot
Cara root Andromax C3 menggunakan Framaroot

Kalau aplikasi di atas tidak berhasil, Anda dapat menggunakan aplikasi Framaroot sebagai jalan alternatifnya. Berikut ini cara-cara menggunakan aplikasi Framaroot untuk rooting Andromax C3 Anda.

  1. Download terlebih dahulu aplikasi Framaroot di sini, lalu install seperti aplikasi lain pada umumnya.
  2. Di dalam aplikasi Framaroot yang tadi Anda install, terdapat “Select an action to execute after root”, lalu ada “Install Superuser” atau “Install SuperSU”. Pilih yang “Install Superuser”.
  3. Kemudian, pilih “Gandalf” dan aplikasi tersebut segera melakukan proses rooting. Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.
  4. Jika proses rooting sudah selesai, tidak lama itu akan muncul sebuah popup “Superuser and SU binary installed. You have to reboot your device.”
  5. Reboot atau restart Andromax C3 Anda, kemudian cari aplikasi SuperSU dan install binary mode normal.
  6. Setelah itu, selesailah proses rooting di smartphone Anda dan Andromax Anda sudah berhasil di root.

Jika ketiga cara root Andromax C3 tersebut tidak berhasil, maka mau tidak mau Anda harus menggunakan bantuan PC atau komputer untuk menjalankan proses rooting. Biasanya, kalau menggunakan PC proses rooting bisa lebih sukses, meskipun caranya sedikit rumit.

Tapi, tidak ada salahnya juga mencoba segala cara untuk melakukan rooting, bukan? Yang Anda ingat, Anda harus bisa menerima semua resiko kalau terjadi kegagalan dalam prosesnya.

Tinggalkan komentar

preloader