Cara Menggunakan SSH di Android dengan Mudah dan Cepat

Cara Menggunakan SSH di Android dengan Mudah dan Cepat – Apakah anda masih asing dengan SSH? jika ya, SSH atau secure shell atau file transfer protocol merupakan sebuah protocol jaringan yang bekerja diatas IP layer. Penjelasan lengkapnya adalah SSH adalah sebuah layanan yang dapat berperan sebagai remote log in yang memiliki keamanan yang cukup terjamin dibandingkan yang lainnya.

Secure shell ini memiliki fungsi utama yaitu untuk menjalankan mesin yang dilakukan dari jarak jauh. SSH juga menyediakan sebuah user atau pengguna dengan shell yang bertugas untuk melakukan remote ke sebuah mesin. SSH pun memiliki proses enkripsi antar server dan client yang bisa mencegah pihak lain mengakses koneksi pada saat user melakukan kontak dengan server SSH.

Manfaat dari SSH untuk penggunanya pun cukup beraneka ragam diantaranya adalah SSH akan membebaskanmu bergerak melewati struktur file pada akun hosting. Anda juga bisa melakukan monitoring untuk file yang masuk ataupun melakukan penghentian pada service yang berlaku untuk layanan VPS atau dedicated. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkannya untuk menginstal perangkat lunak pada android ke akun hosting anda ataupun pada manage software mySQL. Dengan menggunakan SSH maka anda bisa mengerjakan banyak hal dalam standard web. Tak hanya digunakan untuk perangkat komputer saja, SSH juga bisa digunakan di Android.

Untuk anda yang ingin mengetahui cara menggunakan SSH di Android, berikut ini merupakan penjelasan lengkapnya.

Cara Menggunakan SSH di Android

Menggunakan Proxydroid 2.5.1/ ConnectBot.apk

Menggunakan Proxydroid 2.5.1 ConnectBot.apk
Menggunakan Proxydroid 2.5.1 ConnectBot.apk

Sebelum anda bisa menggunakan aplikasi yang disebutkan untuk bisa mendapatkan internet yang cepat, murah dan stabil, ada baiknya anda membuat akun SSH terlebih dahulu. Di internet sendiri ada banyak cara yang bisa anda pilih untuk mendaftar ke akun SSH seperti mendaftar ke fastssh.com yang menyediakan port 143, 80, 22, 443.

Anda bisa menggunakan SSH pada perangkat android ataupun komputer, tetapi pada tutorial kali ini, anda bisa menggunakan perangkat android. Jika sudah mendaftar, anda bisa langsung mempraktekkan cara berikut ini untuk cara menggunakan ssh di android .

  1. Jika sudah membuat akun, anda bisa langsung mendownload dan menginstal aplikasi proxydroid dan connectbot yang bisa didapatkan secara gratis melalui google play store.
  2. Buka aplikasi yang telah terinstall tadi. Buka connect bot terlebih dahulu. Kemudian, bisa dilanjutkan dengan memasukkan akun SSH yang sebelumnya sudah terdaftar. Format menulisnya adalah userSSH@proxySSH:portSSH dan langsung tekan enter.
  3. Anda akan menemukan kolom yang harus diisi dengan password SSH yang sebelumnya sudah terdaftar.
  4. Jika sudah berhasil terkonek, anda bisa langsung mengklik menu “port forwards” yang dilanjutkan dengan mengklik “menu” dan klik “add port” pada internal web server, anda bisa mengisikan 127.0.0.1 dan langsung pilih saja “Dinamic” dan kemudian mengisikan pot 3128 dan langsung saja klik “save”
  5. Berpindah ke aplikasi proxydroid, anda bisa membuka aplikasi tersebut. Dilanjutkan dengan mengisi host yaitu 127.0.0.1 dengan port 3128 yang sama seperti pengaturan yang ada pada connectbot tadi. Selanjutnya, anda bisa memilih SOCK5 dan pada global proxy, anda bisa mencentangnya dan langsung saja klik “connect”
  6. Dipastikan anda akan berhasil mendapatkan internet gratis pada perangkat android anda jika anda menjalankan betul-betul setiap langkah yang ada diatas. Sekarang, anda sudah bisa berselancar di internet secara bebas. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, anda bisa internetan dengan mudah, lancar dan pastinya murah.

Cara Menggunakan SSH di http Injector

Cara Menggunakan SSH di http Injector
Cara Menggunakan SSH di http Injector

Cara menggunakan SSH di android selanjutnya adalah dengan menggunakan SSH di HTTP injector. Untuk anda yang ingin memanfaatkan cara ini, anda juga diharuskan untuk membuat akun SSH terlebih dahulu. Saat ini, sudah banyak website-website yang menyediakan pembuatan akun SSH secara gratis.

Untuk anda yang ingin mencobanya, anda bisa membuat akun SSH pada fastssh.com yang memiliki banyak server yang ada di dunia seperti server eropa, asia, amerika dan yang lainnya yang bisa diakses dini hari.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Jika anda sudah membuat akun SSH melalui website yang disarankan diatas, maka selanjutnya anda mendownload dan menginstall aplikasi hhtp injector yang bisa didapatkan melalui google playstore untuk android.
  2. Buka aplikasi tersebut bila proses install sudah selesai. Dilanjutkan dengan masuk ke dalam “pengaturan SSH” maka anda akan melihat halaman yang akan memintamu untuk memasukkan host SSH, port SSH, Username and password sesuai dengan data anda mendaftarkan akun SSH,
  3. Jika android anda bisa mendukung port 80 atau 443 maka tulis saja port tersebut. dan untuk melakukan pada kompresi SSH, anda bisa mengceklisnya dan pengaturan lainnya bisa dibiarkan untuk tetap kosong.
  4. Selamat anda sudah berhasil menerapkan cara menggunakan SSH di android dengan aplikasi ini.

Cara Menggunakan SSH melalui SSH Tunnel

Cara Menggunakan SSH melalui SSH Tunnel
Cara Menggunakan SSH melalui SSH Tunnel

Cara menggunakan SSH di android yang berikutnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi bernama SSH tunnel. Berbeda dengan aplikasi yang lainnya yang bisa mendukung perangkat komputer, aplikasi SSH tunnel ini hanya bisa mendukung perangkat android saja. Bagi anda yang akan menggunakan aplikasi ini, berikut ini merupakan ulasan lengkapnya.

  1. Pastikan terlebih dahulu smartphone anda sudah diroot agar bisa memudahkan anda dalam melakukan proses SSH di android.
  2. Jika sudah, anda bisa mendownload aplikasi SSH tunnel pada google playstore secara gratis dan download juga aplikasi auto proxy yang berfungsi untuk mengantisipasi jika proses SSH tidak berjalan lancar seperti jaringan internet yang tersendat.
  3. Sebelumnya, anda juga harus membuat akun Secure Shell atau SSH pada website-website yang menyediakan pendaftaran SSH secara gratis seperti situs fastssh.com ataupun bestvpnssh.com dan yang lainnya.
  4. Jika kedua aplikasi yang telah disebutkan diatas sudah didownload, anda bisa langsung menjalankan aplikasi tersebut. Masuk pada SSH tunnel terlebih dahulu dan buka pada menu “settings” untuk mengisikan host dan port dengan username dan password yang sesuai dengan akun SSH yang sudah anda daftarkan sebelumnya.
  5. Untuk bagian Port Forwarding, anda bisa mengceklis pada bagian use socks proxy.
  6. Diteruskan dengan memilih menu “feature settings”. Anda bisa mengceklis pada auto connect, binded network, auto reconnect, enable GFW List, Global Proxy dan enable DNS proxy.
  7. Jika sudah, anda bisa scroll ke atas dan pilih menuh “service controller” dan pada tunnel switch, anda bisa mengceklisnya.
  8. Selamat, SSH tunnel sudah bekerja secara otomatis dan anda bisa menikmati internetan dengan mudah. Namun, apabila sudah terhubung tapi tidak bisa berjalan maka anda harus membuka aplikasi auto proxy yang sebelumnya telah didownload. Anda bisa memilih ikon titi 3 dan klik add new proxy.

Isikan proxy host 127.0.0.1 dan port 1080 dan mengubah proxy type menjadi socks dan sekarang anda tinggal menyambungkannya.

Perlindungan SSH / Secure Shell

  1. Menggunakan DNS spoofing yang dapat menghindarkan ponsel dari tindak pembobolan Sistem domain dan menghindarkan atas manipulasi data.
  2. Memungkinkan IP adress Spoofing yang bisa menyembunyikan alamat user dengan menampilkan IP Address server sehingga identitas IP dapat tersembunyi.

 

Tinggalkan komentar

preloader