Cara Menggunakan Android Device Manager Antisipasi Ponsel Hilang

Cara Menggunakan Android Device Manager yang Penting Saat Ponsel Hilang – Harga smartphone yang terkadang cukup mahal tentu akan membuat kamu menjaga ponsel tersebut dengan sangat hati-hati. Seiring dengan perkembangan zaman, penggunaan smartphone bukan menjadi hal yang sulit ditemui di masyarakat karena saat ini hampir seluruh lapisan masyarakat menggunakan smartphone untuk mendukung aktivitas sehari-hari menjadi lebih cepat, praktis dan mudah.

Kendati sudah menjaga smartphone dengan betul, masih tetap saja ada masalah yang bisa saja terjadi pada smartphone kamu seperti terjatuh dan terbentur hingga diambil oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Untuk menanggulangi hal di atas, kamu mungkin akan membutuhkan sebuah software bernama android device manager atau disebut ADM. Android Device manager adalah sebuah software atau perangkat lunak yang didirikan oleh raksasa perusahaan Google yang memiliki kemampuan yang cukup canggih yaitu dapat melakukan pelacakan pada perangkat smartphone yang telah hilang, melakukan penghapusan data secara jarak jauh, melakukan penguncian smartphone dan menghindarkan factory reset yang dipaksakan.

Untuk kamu yang belum mengetahui cara melakukan pengaturannya, berikut ini merupakan beberapa fungsi dan cara menggunakan android device manager yang harus diketahui untuk menanggulangi beberapa masalah yang bisa terjadi pada smartphone kamu.

Cara Menggunakan Android Device Manager

Mengaktifkan Layanan Pelacakan

Mengaktifkan Layanan Pelacakan
Mengaktifkan Layanan Pelacakan

Cara menggunakan android device manager untuk layanan pelacakan adalah sebagai berikut ini:

  1. Sebelumnya, kamu bisa memastikan jika perangkat ponsel pintar kamu sudah mengalami pembaharuan. Sistem android dengan operasi Froyo ke atas sudah bisa memanfaatkan layanan android device manager yang satu ini dan pastikan juga smartphone kamu telah memiliki google play services. Pada umumnya, para perangkat android yang baru sudah diatur.
  2. Tambahkan akun google kamu untuk masuk. Pada umumnya, akun google sudah dimasukkan sesaat setelah mengaktifkan ponsel untuk pertama kalinya. Namun jika kamu ingin memasukkan atau menambahkannya, kamu bisa masuk ke menu pengaturan pada smartphone kamu, pilih accounts, add account dan pilih google dan tinggal memasukkan akun google asli kamu.
  3. Kemudian, kamu bisa menyalakan layanan lokasi untuk perangkat agar nantinya keberadaan ponsel kamu bisa terdekteksi pada google maps.
  4. Selanjutnya, kamu bisa membuka pengaturan google smartphone kamu dan pilih security di menu services. Lalu ceklis pada pilihan remotely locate this device dan allow remote lock and erase. Menu ini dapat melindungi data-data didalam smartphone kamu saat hilang.
  5. Selanjutnya adalah membuka kembali menu pengaturan pada smartphone kamu. Cara menggunakan android device manager untuk layanan pelacakan selanjutnya adalah izin administrator yang berfungsi untuk menghapus dan mengunci perangkat secara jarak jauh.

Buka pengaturan dan pilih menu security dan scroll ke bawah hingga menemukan device administrators. Jika sudah, kamu bisa langsung mengkliknya dan juga memberi ceklis pada android device manager.

Gunakan Kunci Layar

Agar ponsel pintar kamu semakin aman, kamu bisa memanfaatkan kunci layar seperti pin, password, pola ataupun pembaca sidik jari. Hal ini dapat mencegah pencuri smartphone kamu untuk tidak mencuri dan menyalahgunakan data-data yang ada didalam ponsel kamu selain melakukan factory reset yang menyebabkan seluruh data hilang. Pada sistem operasi android lolipop dan selebihnya telah dilengkapi dengan fitur canggih factory reset protection yang membuat pencuri tidak bisa masuk ke ponsel selain menggunakan akun google yang didaftarkan pada ponsel untuk pertama kalinya.

Selain itu, agar android device manager dapat berfungsi dengan baik, ada beberapa syarat lainnya yang harus terpenuhi antara lain perangkat android kamu harus terhubung dengan jaringan internet sehingga saat melakukan pelacakan akan lebih mudah, GPS selalu nyala, adanya izin android device manager untuk mengunci smartphone dan melakukan penghapusan data.

Melacak Smartphone yang Hilang

Melacak Smartphone yang Hilang
Melacak Smartphone yang Hilang

Setelah mengetahui cara menggunakan android device manager, berikut ini adalah cara melakukan pelacakan pada smartphone yang hilang atau untuk menguji apakah pengaturan android device manager sudah berjalan dan berfungsi dengan baik.

  1. Untuk melakukan pelacakan kamu bisa membuka situs https://www.google.com/android/find?u=0 di perangkat android atau lainnya. kamu bisa masuk dengan menggunakan akun google yang sama yang dimasukkan dalam smartphone yang telah hilang tadi.
  2. Atau kamu bisa mendownload aplikasi android device manager pada perangkat android lainnya melalui google playstore yang tersedia secara gratis.
  3. kamu bisa masuk ke dalam aplikasi android device manager sebagai guest sehingga kamu harus memasukkan akun google yang dimasukkan ke dalam smartphone yang telah hilang tersebut. Sayangnya, untuk perangkat IOS, adroid device manager belum tersedia sehingga harus menggunakan situs adroid device manager.
  4. Maka secara otomatis android device manager menampilkan dimana lokasi smartphone yang telah hilang tersebut ke dalam google maps. Untuk lebih percaya lagi, kamu bisa mengklik ikon target yang terletak di samping ikon pensil.

Mengunci Smartphone

Cara Mengunci Smartphone
Cara Mengunci Smartphone

Cara menggunakan android device manager di Android selanjutya adalah untuk melakukan penguncian secara jarak jauh dan jika smartphone kamu hilang. Berikut ini merupakan langkahnya.

  1. Kamu bisa masuk ke dalam aplikasi android device manager ataupun website resmi android device manager pada perangkat android yang lainnya.
  2. Jika sudah masuk, kamu bisa memilih menu “Lock” dengan ikon berupa ponsel dan kunci. Untuk kemudian, pilih setting untuk mengganti password baru sehingga pencuri yang telah mengambil smartphone kamu tidak bisa membuka perangkat android kamu.

Menghapus Data Pada Smartphone yang Hilang

Cara lain agar mencegah pencuri smartphone kamu melakukan pencurian terhadap data-data yang ada didalam smartphone kamu adalah dengan menghapus data pada smartphone menggunakan android device manager lagi. Berikut ini merupakan langkahnya.

  1. Masuk terlebih dahulu ke dalam aplikasi atau website resmi dari android device manager dengan menggunakan akun google yang dimasukkan ke dalam perangkat smartphone kamu yang hilang tadi.
  2. Jika sudah masuk, kamu bisa memilih menu Erase atau hapus yang ditampilkan dalam ikon ponsel yang tersilang. Maka secara otomatis sistem android device manager akan melakukan penghapusan semua data pada smartphone yang dicuri tadi.

Cara Mengaktifkan Fungsi Dering

Fungsi pada android device manager ini hanya bisa berfungsi apabila ponsel pintar kamu masih berada disekitar kamu tetapi kamu tidak bisa menemukan keberadaannya, entah itu dikarenakan lupa ataupun kejahilan dari teman kamu. Berikut ini merupakan cara menggunakannya.

  1. Masuk terlebih dahulu ke dalam aplikasi android device manager yang tersedia hanya untuk perangkat android saja ataupun masuk melalui website android device manager menggunakan perangkat android lainnya. Agar bisa bekerja, kamu bisa memasukkan akun google yang dimasukkan ke dalam smartphone yang hilang tersebut. Ingat hilang disini adalah ponsel masih berada disekitar kamu tetapi letaknya tidak diketahui.
  2. Selanjutnya, kamu bisa memilih ikon Ring yang menampilkan sebuah ponsel yang seakan-akan berdering. Klik pada menu tersebut maka secara otomatis ponsel yang hilang tadi akan berdering selama 5 menit dengan volume maksimal. Ponsel dapat berdering walaupun dalam keadaan senyap pun.
  • Ratings12345

Tinggalkan komentar