Cara Mengembalikan IMEI Android yang Hilang Tanpa Root

Bukan hanya Anda saja yang memiliki kartu identitas, lho! Handphone Anda juga memilikinya yang disebut IMEI. Kepanjangan IMEI itu sendiri adalah International Mobile Equipment Identity yang terdiri dari 15 sampai 16 kode angka unik. Sebagai tanda pengenal, IMEI sangat penting bagi HP Anda karena semua data penting tersimpan di dalamnya. Biasanya IMEI ini diabaikan dan baru akan terasa ketika terjadi masalah semisal HP hilang. Oleh sebab itu cara mengembalikan IMEI Android yang hilang tanpa root perlu diketahui. Apabila hal tersebut terjadi namun Anda hapal kode IMEI, maka Anda bisa mengunci data-data HP dengan mendatangi gerai operator dan memberikan IMEI tersebut.

Selain menyimpan data-data penting HP, kode IMEI juga memegang peran utama untuk melancarkan segala layanan yang digunakan HP Anda. Apabila kode IMEI hilang, maka akan terjadi permasalahan pada jaringan misalnya tidak tersedianya layanan data, tidak tersambung ke internet, dan kendala jaringan lainnya yang membuat HP Anda tidak berfungsi dengan maksimal.

Oleh sebab pentingnya IMEI, sebaiknya Anda mencatat kode IMEI HP dan menyimpannya. Pada kasus HP hilang, misalnya, nomor IMEI memegang peranan penting karena bisa Anda gunakan untuk memblokir HP tersebut. Dengan melakukan pemblokiran, maka HP Anda tidak akan bisa disalahgunakan oleh oknum-oknum pencuri untuk tindakan kriminal atau pun hal merugikan lain.

Penyebab hilangnya kode IMEI beragam antara lain kesalahan saat install ulang, gagal mengupdate software, gagal bootup, bootloop atau gagal saat rooting. Selain itu, seringnya melakukan flash atau menginstall ulang HP Android Anda juga bisa menyebabkan hilangnya kode IMEI sehingga ketika Anda mengeceknya yang akan muncul hanya kode IMEI SIM yang digunakan saja.

Kode IMEI pada baterai
Kode IMEI pada baterai

Sebelum menuju cara mengembalikan IMEI Android yang hilang tanpa root, bagi Anda yang ingin mengetahui kode IMEI masing-masing HP, Anda bisa mengeceknya pada tulisan yang ada di permukaan baterai HP. Di situ biasanya tertera kode 15 sampai 16 angka sebagai nomor IMEI. Selain itu, terdapat beberapa cara lain yang bisa dilakukan:

  1. Ketik *#06# pada HP Anda
  2. Klik Ok
  3. Lalu akan muncul kode IMEI berupa digit angka

Cara lain yang bisa Anda gunakan yaitu:

  1. Pilih menu ‘Setting’
  2. Pilih ‘About Phone’ atau ‘About’
  3. Pilih ‘Status’
  4. Lalu akan muncul kode IMEI HP Anda

Selain cara di atas, kode IMEI Android Anda juga bisa diketahui dengan melihat kemasan asli saat Anda membeli HP tersebut. Kode IMEI tertera di kode batang yang menempel di samping kotak bagian atas atau bagian lain. Pada kode batang itu akan tertera tulisan IMEI dan juga kode SERIAL dari HP Android tersebut.

Cara Mengembalikan IMEI Android yang Hilang Tanpa Root
Cara Mengembalikan IMEI Android yang Hilang Tanpa Root

Lalu bagaimana mengembalikan kode IMEI yang hilang? Berikut cara mengembalikan IMEI Android yang hilang tanpa root, dan harap cermati dengan baik agar berhasil:

  1. Ketik *#7465625# atau *#*#3646633#*#* pada HP Anda. Sesuaikan mana kode angka yang cocok untuk digunakan pada HP Anda.
  2. Jika berhasil mencoba salah satunya, maka tampilan layar akan berubah ke tampilan Engineer Mode
  3. Setelah itu, pilih ‘Conectivity’ kemudian ‘CDS Information’
  4. Pilih ‘Radio Information’
  5. Tunggu sampai muncul tampilan SIM 1 dan SIM 2 apabila Anda memakai double SIM
  6. Ketikkan format berikut ini dengan benar
  • AT<spasi>+EGMR=1,7,”Kode IMEI SIM 1”
  • AT<spasi>+EGMR=1,10,”Kode IMEI SIM 2”
  1. Pilih ‘Send At Command’
  2. Restart HP Anda

Setelah melakukan cara di atas, Anda bisa langsung mengecek kode IMEI dengan mengetikkan *#06# pada menu dial di HP Anda. Hal penting yang perlu diperhatikan terkait dengan cara pada nomor 6 adalah Anda harus memasukkan kode IMEI SIM 1 dan SIM 2 Anda. Bagaimana mengetahui kode IMEI SIM? Berikut langkahnya:

Mengecek Kode IMEI
Mengecek Kode IMEI
  1. Pilih menu ‘Setting’
  2. Pilih ‘About Phone’ atau ‘About’
  3. Pilih ‘Status’
  4. Lalu akan tertera menu pilihan ‘SIM 1’ dan SIM 2’
  5. Pada masing-masing menu akan tertera kode IMEI dari masing-masing SIM

Selain mengembalikan IMEI langsung dari HP Anda, cara mengembalikan IMEI Android yang hilang tanpa root juga bisa dilakukan dari komputer. Langkah-langkahnya pun mudah dipahami sehingga Anda tidak perlu khawatir. Namun yang perlu diperhatikan adalah cara melalui komputer ini khusus untuk HP Android yang memiliki chip Mediatek. Selain itu, dikhawatirkan tidak akan berhasil. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Terlebih dahulu download software MTKDroid Tool yang sudah diperbaharui kemudian install di PC Anda
  2. Setelah berhasil, kemudian hubungkan HP Android Anda dengan PC menggunakan kabel USB
  3. Setelah tersambung dan terdeteksi pada MTKDroid Tool, informasi mengenai HP akan muncul, dan tentu saja kode IMEI tidak tertera karena hilang
  4. Kemudian pilih ‘Root’ lalu pilih ‘IMEI’ dan pilih ‘OK’
  5. Lalu masukkan kode IMEI yang tertera di baterai HP Android Anda atau di box HP
  6. Pilih ‘OK’
  7. Terakhir, restart HP Anda
  8. Setelah itu, coba cek kembali kode IMEI dengan dial ke *#06# pada menu dial HP Anda
  9. Apabila berhasil maka akan tertera kode IMEI

Setelah melakukan cara mengembalikan IMEI Android yang hilang tanpa root tersebut, Anda juga bisa mengecek apakah kode IMEI sudah muncul kembali dengan cara lain yaitu menggunakan akun AT&T. Sebagai informasi, AT&T merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri telekomunikasi yang menyediakan layanan komunikasi data jasa. Industri ini bergerak dalam ranah pasar komunikasi perusahaan dan pasar ritel seluler.

Agar bisa menggunakan akun AT&T, terlebih dahulu, Anda harus membuat akun dengan mendaftarkan alamat email dan langkah lain yang disyaratkan oleh AT&T. Bagi pengguna AT&T, nomor IMEI bisa dilacak dengan langkah sebagai berikut:

  1. Log in ke akun AT&T milik Anda
  2. Pilih ‘Profil’ kemudian ‘Update My Profile’
  3. Setelah itu pilih ‘User Information’
  4. Kemudian cari menu yang bertuliskan ‘Customer Service Summary & Contract’
  5. Pilih ‘Wireless Customer Agreement’
  6. Setelah itu Anda diharuskan mengunduh file dengan format PDF
  7. File PDF tersebut berisi mengenai informasi HP milik Anda termasuk nomor IMEI
  8. Biasanya nomor IMEI akan tertera di bagian bawah dari file PDF tersebut

IMEI merupakan kode yang unik sehingga tidak ada dua HP dengan kode IMEI sama. Jumlah deret angka pada kode IMEI biasanya dari 15 sampai 16 angka, yang terbagi menjadi empat bagian. Pemenggalan empat bagian tersebut biasanya 12-3456 / 78 / ABCDEF/ G, dan masing-masing dari angka tersebut memiliki informasi penting.

Angka 12 pada kode di atas merupakan kode ponsel, kemudian angka 3456 adalah penanda kode produksi. Sebagai informasi juga bahwa rangkaian kode 123456 tersebut merupakan TAC atau Type Approval Code. Selanjutnya, kode GH merupakan penanda negara asal yang memproduksi HP tersebut. Deret ABCDEF merupakan serial number HP, dan G adalah kode cadangan.

Kode IMEI juga bisa menunjukkan apakah sebuah handphone merupakan produk original atau kah produk black market. Sekarang sudah semakin paham betapa pentingnya kode IMEI, bukan? Oleh sebab itu jangan sampai mengabaikannya dan cermati dengan baik berbagai cara mengembalikan IMEI Android yang hilang tanpa root yang sudah dibahas sebelumnya.

Tinggalkan komentar

preloader